Cara Mempercepat Pembukaan dengan Konsumsi Makanan

Anda bisa mengubah pola makan untuk menyiapkan diri Anda menghadapi proses persalinan agar prosesnya berjalan lancar. Hal yang penting juga adalah makanlah sebelum Anda berangkat ke rumah sakit maupun selama perjalanan. Konsumsi makanan di bawah ini merupakan salah satu cara mempercepat pembukaan.

Telur dan Pisang

Kombinasi telur, pisang, dan merica adalah makanan yang kaya akan oksitosin. Hormon oksitosin sangat dibutuhkan untuk menstimulasi pematangan serviks agar mampu mengembang selama persalinan. Pisang sendiri juga baik sebagai cadangan energi.

Jeruk

Jeruk mengandung kurang lenih 90 persen air yang mampu memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh Anda selama proses melahirkan. Cairan sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses kontraksi dan jalan lahirnya buah hati Anda.

Brokoli

Brokoli mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin C. Brokoli juga mengandung serat yang akan membantu Anda mencegah sembelit yang biasanya dialami ibu setelah melahirkan. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu Anda melawan penyakit pra persalinan.

Daging Tanpa Lemak

Kebutuhan zat besi selama masa kehamilan Anda meningkat menjadi hampir 2 kali lipat. Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak. Daging tersebut mudah diserap ke dalam sistem pencernaan dan membantu Anda menjalani persalinan secara normal.

Bayam

Bayam kaya akan zat besi, kalsium, dan folat serta sumber vitamin lainnya. Kandungan tersebut akan membantu Anda menyiapkan tubuh untuk menghadapi persalinan normal. Anda bisa menjadikan bayam sebagai salad atau juga jus yang Anda konsumsi di pagi hari.

Nanas

Ketika usia kehamilan Anda mencapai 7 bulan, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi nanas. Nanas sendiri mengandung enzim bromelain yang dapat mematangkan leher rahim yang tentunya akan mempermudah proses persalinan.

Anda bisa mengkonsumsi nanas secara langsung maupun membuatnya menjadi jus atau sop buah kesukaan Anda. Namun, hal yang harus Anda perhatikan adalah pastikan getah nanas dibersihkan terlebih dahulu untuk menghindari munculnya rasa gatal.

Bawang Putih

Saat akan melakukan proses persalinan, Anda diminta untuk buang air besar agar memberikan ruang bagi bayi Anda untuk bergerak ke bagian bawah tubuh. Agar hal tersebut lancar, Anda bisa mengkonsumsi bawang putih sebelum persalinan. Bawang putih bisa menstimulasi usus besar sehingga Anda dapat buang air besar secara alami.

Air Kelapa

Kekurangan cairan bisa membuat kontraksi menjadi semakin menyakitkan. Anda bisa mencoba minum sateguk air kelapa setiap kontraksi dengan menggunakan sedotan. Air kelapa dapat meningkatkan elekrolit dalam tubuh dan membantu menjaga simpanan energi.

Itulah makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai cara mempercepat pembukaan. Selain makanan di atas, hal yang lebih penting tentunya adalah membuat pikiran Anda selalu nyaman dan tenang dalam menghadapi persalinan. Kunjungi situs ORAMI di www.orami.co.id untuk mendapatkan berbagai tips persalinan dan pasca melahirkan serta berbagai tips lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *