Cara Menghitung Biaya Jasa Arsitek

Dengan menggunakan jasa arsitek maka perencanaan pembangunan akan dapat optimal, lebih pentingnya lagi jika anda menggunakan jasa arsitek tentu kesalahan – kesalahan akan sangat minim, karena pengerjaanya akan melibatkan orang – orang ahli, jadi semua sudah terkonsep dengan baik. Pada saat kita menginginkan sebuah rumah yang nyaman, rumah yang minimalis namun tetap bergaya elegan atau rumah yang sehat, tentu hal pertama yang harus anda pikirkan adalah jasa arsitek, kenapa? Karena dengan menggunakan jasa arsitek anda dapat dengan mudah untuk mewujudkan semua itu, disamping itu menggunakan jasa arsitek juga akan memberikan anda banyak sekali referensi rumah seperti apa yang ingin anda bangun.

Meskipun begitu banyak orang masih berfikir untuk menggunakan jasa arsitek, bisa jadi memang karena biaya atau yang lain. Tentunya sebelum anda memutuskan untuk mencari jasa arsitek yang harus anda lakukan adalah anda harus hitung perkiraan biayanya terlebih dahulu, biasanya untuk menghitungnya bisa dengan presentase berdasarkan RAB atau Rencana Anggaran Biaya atau bisa menggunakan harga per meter persegi. Lantas bagaimana untuk menghitung anggarannya? Nah kali ini admin akan memberikan secara rinci untuk menghitungnya, simak berikut ini.

  1. Per meter persegi
    Dengan menghitung berdasarkan nilai proyek, dengan estimasi biaya jasa arsitek dapat di estimasi melalui harga jasa per meter per segi, misalnya 58 juta dibagi 200m sama dengan 290 ribu per meter persegi. Pada umumnya biaya jasa arsitek sekitaran 200-750 ribu per meter, akan tetapi beberapa jasa arsitek sudah menentukan tarif diatas atau bisa jadi dibawahnya, perbedaan harga seperti ini sudah sangat wajar dan biasanya juga dipengaruhi oleh pengalaman dan juga kemampuan dari jasa arsitek tersebut, tentu saja harga juga dipengaruhi oelh pengalaman dan juga kemampuan dari jasa tersebut.
  2. RAB
    Tentukan terlebih dahulu kategori bangunan anda yang dapat dibagi menjadi kategori kepemilikan dan fungsi bangunan, dengan prinsip pokok pada tabel perhitungan imbalan jasa arsitek. Misalnya diketahui luas bangunan sekitar 200 m dan kisaran nilai proyek 900 juta, maka dapat diketahui harga jasa arsitek tersebut adalah 58 juta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *