Proses Sebelum Mendesain Brosur Bisnis Kuliner

Perlu Anda ketahui kalau brosur makanan merupakan salah satu jenis media promosi yang efektif untuk digunakan dalam memperkenalkan produk kepada konsumen. Tidak hanya harga yang murah ketika menggunakan desain brosur makanan, Anda bisa menyisipkan kata-kata promosi yang keren, menarik, dan padat untuk menarik perhatian pembeli yang masuk ke café, restaurant, maupun rumah makan siap saji.

Lantas, bagaimana sebuah desain brosur makanan bisa membantu promosi/pemasaran bisnis kuliner yang Anda kelola? Kuncinya ada di informasi yang Anda sampaikan melalui brosur tersebut dengan penyampaian yang informatif, jelas, dan ditulis berdasarkan keperluan atau kegunaan bagi calon konsumen.

Lima Tahapan Menentukan Proses Mendesain Brosur Makanan

Untuk membantu Anda memahami masalah di atas, kami memberikan ulasan terbaik dan menarik yang mengulas tentang tips membuat brosur makanan yang menjual. Silakan simak ulasannya di bawah ini!

  • Mengetahui Sasaran Pasar (Market)

Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang owner atau marketer untuk mempertimbangkan siapa sasaran pasar (market) yang dijadikan sebagai umpan (calon konsumen) melalui produk yang diperjualbelikan. Tentu akan menghasilkan sesuatu hal yang buruk jika strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan brosur yang memuat informasi tidak tepat sasaran.

Bagaimana membuat contoh pemasaran melalui brosur makanan yang tidak tepat? Sebelum Anda buka, bisnis kuliner pasti sudah ditentukan siapa sasaran pasar. Jika target yang Anda sasar adalah anak mudah, berart sudah bisa dipastikan brosur yang dibuat harus menyesuaikan dengan kehidupan anak muda yang kreatif, unik, berwarna, dan tidak terkesan norak.

  • Gunakan Judi yang Beda

Siapa yang tidak tahu kekuatan dari sebuah judul? Karena sebuah judul yang tidak menarik, banyak orang enggan atau sebaliknya, karena judul yang menarik membuat banyak orang termakan click bait.

Melihat fungsi dari judul, maka Anda harus membuatnya semenarik dan berbeda daripada yang lain. Tapi, tetap sesuaikan dengan sasaran pasar dari produk kuliner yang Anda tawarkan. Jangan sampai Anda menawarkan sebuah produk dengan sasaran anak mudah, tetapi judul yang dibuat malah melenceng dari sasaran tersebut. Selain itu, teknik yang dibuat untuk membuat sebuah judul ditentukan dari solusi dari masalah tersebut, yaitu produk kuliner yang Anda jajakan.

  • Menggunakan Foto Menu Kuliner (Makanan ataupun Minuman) Utama

Senjata utama ketika Anda membuat brosur yang unik adalah mencantumkan foto terbaik dari menu utama yang benar-benar ada, tidak pecah, dan difoto berdasarkan kemampuan profesional. Jangan sampai foto menu utama tersebut membuat orang pergi menjauh karena blur, tampak pucat, tidak jelas, dan lain sebagainya.

Ingat juga, foto dengan menu yang asli jangan ada perbedaan signifikan. Tentu Anda sering menjumpai di sosial media, bahwa foto menu makanan-minuman acap menipu ketika sudah membeli yang asli. Jika Anda tidak ingin kehilangan konsumen, sebaiknya perhatikan poin ini.

  • Memilih Warna Brosur yang Menggugah Selera Makan – Minum

Sesudah mempunyai foto menu utama yang menarik, Anda harus mempertimbangkan psikologi warna yang bisa memengaruhi seseorang terhadap seleranya. Biasanya warna merah menjadi penggugah selera makan-minum seseorang. Selain merah, ada kuning, jingga, ungu, biru, cokelat, dan hijau.

  • Informasi Singkat

Sesudah mengetahui elemen penting yang ada di brosur, maka Anda harus mengatur pesan promosu. Jangan sampai kalimat yang dicantumkan bertele-tele. Harus singkat, padat, dan informatif.

Demikianlah penjelasan kami tentang proses pembuatan desain brosur makanan. Semoga melalui ulasan ini usaha kuliner Anda makin berkembang pesat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *