Rekomendasi Vitamin Untuk Ibu Hamil

Tidak dapat dipungkiri bahwa ibu hamil benar-benar membutuhkan asupan yang ekstra. Karena manfaat suplemen ini tidak hanya terlihat pada Mama, tetapi juga pada anak-anak. Namun, jangan gunakan sumber daya. Pilih suplemen yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain itu, asam folat, vitamin D, kalsium dan zat besi adalah bahan paling penting yang paling dibutuhkan wanita hamil. Mengapa bahan-bahan ini direkomendasikan untuk vitamin hamil?

  1. Asam Folat
    Kandungan pertama yang ditambahkan ke wanita hamil adalah asam folat. Tidak dapat dipungkiri bahwa bagi wanita hamil folat yang tepat sangat penting untuk mencegah munculnya cacat tabung saraf (NTDs), yaitu sistem saraf bayi. NTD mulai berkembang dalam 28 hari pertama setelah pembuahan. Pada saat itu, sebagian besar wanita bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang hamil. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi 400 hingga 800 mikrogram asam folat per hari hingga kehamilan mencapai 3 bulan, bagi wanita yang berusaha memiliki keturunan atau menjalani program kehamilan. Selain suplemen makanan, Anda juga bisa mendapatkan asam folat alami dari makanan tertentu seperti sayuran hijau, biji-bijian atau gandum, kacang-kacangan dan jeruk. Meskipun asam folat ditemukan dalam berbagai makanan, asam folat dalam bentuk suplemen atau tablet dapat paling mudah diserap oleh tubuh. Mengingat pentingnya asam folat, meskipun diet seimbang dipenuhi, suplemen ini masih penting dalam memberikan nutrisi kepada wanita hamil.
  2. Vitamin D dan Kalsium
    Ibu hamil atau menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D dan 1.000 mg kalsium setiap hari. Karena vitamin D dan kalsium berperan sangat penting dalam tulang dan gigi ibu. Pada wanita hamil, vitamin D dan kalsium dibutuhkan selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan tulang bayi. Ketika wanita hamil menderita vitamin D, anak-anak mereka cenderung mengalami pertumbuhan tulang yang abnormal. Tidak hanya vitamin D, kalsium juga dibutuhkan oleh wanita hamil. Kalsium yang digunakan oleh wanita hamil digunakan oleh janin untuk membentuk tulang. Ibu dapat menemukan sumber kalsium alami dari tahu, tempe, kacang merah, susu kedelai, susu, keju, yogurt, sayuran hijau, sarden, salmon dan kacang-kacangan. Selain itu, Mama secara alami dapat memperoleh vitamin D dari ikan seperti salmon dan sarden, telur dan daging. Selain itu, ibu bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan asupan vitamin D terbaik untuk tubuh.
  3. Zat Besi
    Pada dasarnya, zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membentuk sel darah merah. Mengapa sel darah merah sangat penting bagi wanita hamil? Karena sel darah merah membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh dan juga ke bayi di perut Mama. Ketika kekurangan zat besi kurang, wanita hamil dapat dengan mudah dipengaruhi oleh anemia, sehingga ibu akan terus merasa lelah, pusing, lemah dan pucat. Zat besi tidak hanya sangat penting untuk pertumbuhan janin bagi wanita hamil. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan anak anemia, prematur atau berat badan rendah. Mengingat pentingnya zat besi, Anda mendapatkan zat besi dari sumber alami seperti daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau gelap, buah-buahan kering dan kacang-kacangan. Jika terasa terlalu tidak mencukupi, suplemen makanan dari resep mungkin merupakan opsi tambahan. Suplemen untuk menambahkan zat besi biasanya dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit, diare dan mengganggu penyerapan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Jika ini masalahnya, segera hubungi dokter.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *